Khofifah Perkenalkan KKS ke Warga Cirebon
pada Apr 13, 2017 | 23:30 WIB
Khofifah Perkenalkan KKS ke Warga Cirebon
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memperkenalkan Kartu Keluarga Sejahtera pada masyarakat Cirebon. Pemda dipersilahkan untuk menggunakan fasilitas dan fitur yang ada di Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam upaya penyaluran bantuan sosial atawa bansos yang bersumber dari APBD.

“Dengan begitu, Pemda tidak perlu lagi membangun sistem,” ujar Khofifah di Gedung Olahraga Bima, Cirebon, Kamis (13/4/2017).

Lebih lanjut, Khofifah menjelaskan bahwa fitur uang elektronik dan tabungan bisa menampung berbagai jenis Bansos yang berasal dari APBN ataupun APBD. Di antaranya seperti PKH Bantuan Pangan, Subsidi LPG 3Kg dan Subsidi Listrik.

"Silahkan, jika ada Pemda yang ingin mengintegrasikan bansos daerah dengan KKS. Tidak akan tercampur karena terdapat fitur wallet (dompet-red) yang memisahkan tiap jenis bantuan," ujar Khofifah.

Menurutnya, integrasi seluruh bansos dalam satu kartu dapat menjadi salah satu solusi pemerintah dalam pengentasan kemiskinan semakin menjadi efektif. Selain itu, masyarakat kurang mampu pun dapat memanfaatkan berbagai produk dan jasa keuangan formal, di antaranya seperti transfer, menabung dan juga pinjaman serta asuransi.

Keberadaan bansos yang diinisiasi Pemda tidak bersebrangan dengan beragam macam Bansos yang bersumber dari pemerintah pusat. Namum sebaliknya, justru dapat "menambal" dan memperluas pelayanan kepada masyarakat miskin dengan pembiayaan yang bersumber dari APBD. 

"Jadi mereka yang belum terjangkau program pemerintah pusat bisa dijangkau oleh pemerintah daerah. Sinergitas pusat dan daerah seperti ini akan semakin mempercepat penanggulangan kemiskinan di daerah," ujar Khofifah menegaskan.

Khofifah berharap agar Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu (Siskadasatu) dapat direspon serius oleh Pemda sehingga bansos yang dikucurkan bisa tepat sasaran lantaran mengacu pada data yang tersedia.

(Faqih Rohman Syafei) 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600