KPU Gelar Sosialisasi, Peminat Calon Independen di Cirebon Minim
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Nov 01, 2017 | 17:32 WIB
KPU Gelar Sosialisasi, Peminat Calon Independen di Cirebon Minim
Sosialiasi Calon Independen oleh KPU Cirebon (Faqih Rohman/ayocirebon)
CIREBON, AYOCIREBON.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon menggelar kegiatan Sosialisasi Pencalonan Perseorangan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon 2018 di Ruang Auditorium Kantor KPU Kota Cirebon, Rabu (1/11/2017).
 
Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani menuturkan kegiatan ini merupakan sosialisasi ketiga yang dilakukan oleh KPU Kota Cirebon bagi para calon independen, namun sangat disayangkan dari waktu ke waktu jumlah calon independen yang ikut dalam sosialisasi semakim berkurang. 
 
"Pada pertemuan pertama ada empat sampai lima orang yang hadir, tetapi hari ini yang datang hanya dua orang," ujarnya, Rabu (1/11/2017).
 
Dia mengatakan untuk tahapan pendaftaran calon independen sudah dilakukan pada tanggal 25 - 27 Oktober 2017 lalu, dan nanti pada tanggal 9 November 2017 akan diumumkan siapa saja calon independen yang lolos.
 
"Untuk maju sebagai calon independen minimal dukungan sebanyak 10% dari DPT yang terdaftar yakni sekitar 23 - 24 ribu orang," katanya. 
 
Emirzal menambahkan jika berkaca pada Pilwakot 2013 lalu, terdapat tiga calon yang maju dari independen tetapi ketiganya tidak lolos verifikasi lantaran tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU.
 
Tetapi untuk periode sekarang, beberapa calon independen mulai berhitung taktis terkait pencalonannya karena jikapun lolos tahap pendaftaran belum tentu bisa menang.
 
"Sekarang mereka berhitung untuk mengumpulkan persyaratannya, dan jikapun lolos tidak menjamin mereka menang, saya lihat yang maju ini akan lebih realistis," pungkasnya.
Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600