KPU Kota Lantik PPS untuk Pilgub Jabar dan Pilwalkot Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Nov 11, 2017 | 19:33 WIB
KPU Kota Lantik PPS untuk Pilgub Jabar dan Pilwalkot Cirebon

CIREBON, AYOCIREBON.COM --Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka pelaksanaan Pilgub Jawa Barat dan Pilwakot Cirebon tahun 2018 mendatang, Sabtu (11/11/2017).

Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani mengatakan PPK dan PPS dibentuk oleh KPU yang bertugas untuk membantu KPU dalam pelaksanaan semua proses tahapan Pilkada serentak hingga hari pemungutan pada 27 Juli 2018 mendatang.

"Anggota PPK bertugas ditingkat kecamatan, sedangkan PPS bertugas ditingkat kelurahan. Untuk Kota Cirebon terdapat 25 anggota PPK yang tersebar di 5 Kecamatan dan 66 anggota PPS yang dilantik hari ini akan ditempatkan di 22 Kelurahan," ujarnya, Sabtu (11/11/2017).

Lanjutnya, ia berpesan kepada anggota PPS agar menjalankan tugasnya dengan baik dan agar selalu berpegang teguh pada asas penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas, bermartabat, selain itu mempunyai kapasitas dan kapabilitas.

"Waktu yang tersisa untuk penyelenggaraan Pilgub Jawa Barat dan Pilwalkot Cirebon tinggal 228 hari lagi, harapan saya ke-66 anggota PPS terpilih bisa menjadi penyelenggara pemilu ditingkat Kelurahan dengan sebaik-baiknya," kata Emirzal. 

Kemudian, Asisten Pemerintahan Kota Cirebon, Agus Mulyadi menuturkan semoga dalam penyelenggaraan Pilkada serentak nanti bisa berjalan dengan baik dengan sinergisitas antara penyelenggara Pilkada, Panwas, TNI/Polri dan masyarakat. Tambahnya, pemerintah daerah akan memberikan beberapa fasilitas guna kelancaran Pilkada, dengan harapan berjalan dengan aman, lancar dan tertib.

"Biaya untuk Pilwakot Cirebon sebesar Rp25.3 milyar, dengan anggaran segitu harusnya bisa berjalan pararel dengan outputnya, yaitu menghasilkan pemimpin berkualitas. Selain itu, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat Kota Cirebon minimal 77,5% tercapai," ungkapnya. 

Sementara itu, Perwakilan KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq menambahkan tahapan demi tahapan persiapan Pilkada serentak nanti diberbagai daerah di Jawa Barat dan khususnya Kota Cirebon sudah berjalan baik. Ia menerangkan KPU Jawa Barat sudah menetapkan tiga sukses dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di antaranya Sukses Tahapan, Sukses Hasil, dan Sukses Administrasi.

"Penanggung jawab utama ada di KPU Republik Indonesia yakni sebagai regulator, sedangkan untuk KPU Jawa Barat hanya sebagai koordinator dan KPU di Kota/Kabupaten mempunyai peran sebagai eksekutor," pungkasnya. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600