BPJS Kesehatan Cirebon Perluas Jangkauan Peserta
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Nov 14, 2017 | 18:22 WIB
BPJS Kesehatan Cirebon Perluas Jangkauan Peserta
Kerja sama BPJS Kesehatan Cirebon dan Pemkab (Faqih/ayocirebon)

CIREBON, AYOCIREBON.COM--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cirebon melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang perluasan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam rangka mewujudkam Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Cirebon tahun 2018.

Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat BPJS Kesehatan Mohammad Edison mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari sinergitas BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS).

"Penandatanganan ini merupakan komitmen besar agar masyarakatnya menjadi peserta JKN - KIS yang nantinya punya proteksi dan bisa mengakses ke layanan kesehatan," ujarnya kepada awak media, Selasa (14/11/2017).

Ia menjelaskan saat ini jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon tercatat sebanyak 1,83 jiwa yang sudah atau sekitar 89%. Jumlah ini sudah termasuk dengan 184.855 jiwa peserta JKN - KIS yang dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon. 

"Posisi Kabupaten Cirebon untuk wilayah Jawa Barat nomor dua setelah Kabupaten Bekasi. Dengan semangat tadi secara bersama -sama kita akan mencari masyarakat yang belum menjadi peserta, dan akan dilakukan sosialisasi, edukasi dan seterusnya," kata Edison. 

Sementara itu, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra menambahkan tentunya dengan adanya kerja sama ini bisa meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan hingga 100%. "Kurang lebih sebanyak 233.000 jiwa yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan," ungkapnya.

Ia mengatakan pihaknya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon akan melakukam sosialisasi ke masyarakat yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan baik secara pribadi ataupun kolektif.

Sunjaya menilai pelayanan BPJS Kesehatan sudah sangat baik dan juga sangat membantu masyarakat untuk bisa mengakses layanan kesehatan.

"Saya minta ke BPJS Kesehatan yang sekarang sudah baik harus lebih baik lagi, yang penting pelayanan masyarakat betul-betul merasa dilayani," pungkasnya.

Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600