Lahan Terkontaminasi Limbah Segera Dipulihkan
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Dec 21, 2017 | 07:13 WIB
Lahan Terkontaminasi Limbah Segera Dipulihkan
Penyegelan Limbah B3 (Faqih)
CIREBON, AYOCIREBON.COM--Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan melakukan pemulihan di area tanah publik yang sudah terkontaminasi limbah medis dan limbah B3 di Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon lantaran kondisinya sudah sangat memprihatinkan.
 
Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3 Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK RI, Sinta Saptarina mengatakan bahwa area publik sengaja didahulukan karena area tersebut berdekatan langsung dengan pemukiman penduduk, selain itu area lainnya sampai saat ini masih dalam proses penyidikan oleh unit Gakkum KLHK.
 
"Setelah dinyatakan clear, kita koordinasi dengan Gakkum dan mendata apa saja yang diperlukan untuk dilakukan penangan awal di tanah yang sudah terkontaminasi limbah. Yang di area publik dalam kondisi darurat yang harus ditangani," ujarnya, Rabu (20/12/2017).
 
Lanjutnya, penanganan awal itu akan dilakukan pada Kamis (21/12/2017) dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dan masyarakat sekitar serta pengolah jasa limbah agar bisa diselesaikan secepat mungkin. 
 
"Besok (Kamis ini) sekitar jam 10.00 WIB akan mulai evakuasi bagian atas yang mengandung limbah medis dan B3, nantinya limbah tersebut akan di masukan kedalam jumbo bag dan akan dibawa ke penimbunan landfil kelas satu yang ada di Cileungsi," papar Sinta.
 
Sementara itu, Hasan Suwandi, salah seorang warga Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon mengungkapkan masih terdapat sekitar lima gudang penyimpanan dan pengolahan limbah medis yang belum di segel oleh KLHK. "Dari sebelas gudang yang ada, kemarin enam di segel tapi masih ada lima yang belum," ungkapnya. 
 
Ia pun khawatir jika kelima gudang tersebut tidak segera dilakukan penyegelan akan digunakan kembali oleh para pekerja. "Setelah di segel sudah tidak ada aktifitas lagi. Akan kami pantau terus bagaimana kedepannya, tetapi kita tidak jamin dikemudian hari ada aktifitas lagi," pungkas Hasan
Editor : A. Dadan Muhanda
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600