Azis-Eti dan Oki-Edo Head to Head di Pilwalkot Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jan 11, 2018 | 16:19 WIB
Azis-Eti dan Oki-Edo Head to Head di Pilwalkot Cirebon
Ilustrasi. (Antara)

CIREBON, AYOCIREBON.COM -- Pertarungan head to head di Pilkada Kota Cirebon, tak bisa terelakan lagi. Setelah pasangan Siswandi - Euis yang diusung Koalisi Umat (Gerindra, PAN, dan PKS) ditolak KPU Kota Cirebon, maka pasangan yang akan bersaing adalah Azis-Eti dan Oki-Edo. 

Pertarungan antara Oki dan Azis ini, mengulang Pilkada Serentak 2013 lalu. Saat itu, Azis menjadi Calon Wakil Wali Kota mendampingi Ano Sutrisno. Sedangkan Oki sebagai Calon Walikota Cirebon sama seperti sekarang.

Praktisi Komunikasi Politik Cirebon, Khaerudin Imawan mengatakan, kedua pasangan tersebut memiliki basis massa yang jelas. Selain dari basis massa partai politik, kedua pasangan ini juga memiliki relawan yang berasal dari luar partai politik. 

"Modal massa parpol, juga ada massa relawan yang dibangun selama ini," ujarnya kepada Ayocirebon, Kamis (11/1/2018).

Dengan melihat jumlah kursi di DPRD Kota Cirebon, keduanya memiliki jumlah yang sama yakni 13 kursi. Pasangan Azis-Eti didukung oleh Demokrat, Nasdem, Hanura, PKB, dan PKPI. Sementara Oki-Edo didukung PDIP, Golkar, dan PPP.

Selain itu, kedua pasangan akan berebut pengaruh massa dari tiga partai yang tersisa Gerindra, PAN dan PKS. Dia memprediksi, dukungan Gerindra dan PKS akan beralih kepada kubu Oki. Dan PAN akan merapat ke kubu Azi.

"Hasil head to head diprediksi bakal bersaing ketat, suara keduanya tidak akan jauh berbeda dengan menyisakan selisih yang reltif kecil. Kunci kemenangan head to head ini adalah bagaimana memainkan mesin partai pada koalisi baru," tandasnya. 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600