Rizki Bocah Malang yang Terbujur Lemas akibat Meningitis
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Feb 07, 2018 | 19:53 WIB
Rizki Bocah Malang yang Terbujur Lemas akibat Meningitis
Muhammad Rizki digendong neneknya Satriawati. (Faqih Rohman/ayobandung)

KEDAWUNG, AYOCIREBON.COM -- Sudah sekitar empat tahun lamanya, tubuh mungil Muhammad Rizki tergolek lemas tak berdaya di tempat tidurnya. Bocah berumur lima tahun itu yang tinggal bersama nenek dan kakeknya di Desa Sutawinangun Gang Pecilon Indah IV Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon tak bisa menikmati indahnya bermain seperti bocah lain seusianya.

Sang nenek, Satriawati (46) mengungkapkan sejak tahun 2013 Rizki divonis dokter terkena penyakit radang otak atau lebih dikenal dengan Meningitis yang menyebabkan dirinya koma selama empat tahun. Sebelum terkena penyakit itu Rizki merupakan anak yang riang dan aktif, namun karena kejadian terpeleset dan kepala terbentur, keadaan kesehatan Rizki mulai berubah. 

"Ketika umur setahun, kepala belakang Rizki terbentur. Setelah itu Rizki mengalami kejang-kejang dan panas. Ketika berobat, dokter memvonis terkena radang otak," ujarnya kepada awak media sambil terisak nangis karena tak kuasa menahan air mata, Rabu (7/2/2018).

Lanjutnya, Rizki sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Kota Cirebon selama tujuh bulan usai terjatuh, sempat akan dilakukan operasi tetapi gagal lantaran kondisinya nge-drop. Karena keterbatasan dana pula, saat ini terpaksa ia harus berobat jalan dengan bantuan BPJS. Adapun obat-obatan yang diberikan dokter berupa puyer dan lain sebagainya. 

"Saat ini rutin berobat jalan pakai BPJS, dokter pun sering menawari untuk minum obat ini itu, tapi ada daya uang pas-pasan mau apa lagi. Terus kata dokter penyakit Rizki ini kompleks terus ada penyakit ini bertumpuk-tumpuk," terangnya.

Dia menjelaskan selama terbaring lemas tak berdaya untuk makan dan minumnya Rizki harus menggunakan selang yang dipasang di hidungnya. Setiap tiga jam sekali Rizki rutin diberikan minum susu formula atau susu lainnya dengan cara disuntikan ke selang.

Ayah dan ibu Rizki, terang Satri tidak tinggal bersama Rizki. Ibunya saat ini tinggal bersama dengan mertuanya sambil mengurus adik Rizki yang masih kecil, namun setiap seminggu sekali ia rutin datang untuk menjenguk Rizki. Ayahnya yang bekerja serabutan pun sama rutin melihat keadaan anak pertamanya ini. 

"Saya mengurus Rizki sejak dari pertama keadaan seperti ini. Ibunya tidak tinggal disini tapi ikut mertuanya karena punya anak kecil lagi. Tapi orang tua Rizki setiap seminggu sekali datang menjenguk," bebernya. 

Dia berharap Rizki bisa segera sembuh dan sehat kembali agar bisa bermain dengan teman-teman seusianya. "Harapannya ya Rizki pingin sehat, sembuh bisa lihat lagi," pungkas Satriwati.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600