Baznas Kota Cirebon Salurkan Bantuan Modal Usaha dan Beasiswa
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Feb 20, 2018 | 17:32 WIB
Baznas Kota Cirebon Salurkan Bantuan Modal Usaha dan Beasiswa
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon memberikan bantuan modal usaha kepada 63 pedagang kecil dan beasiswa bagi lima santri dan lima mahasiswa, Selasa (20/2/2018). (Faqih R Syafei/ayocirebon)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon memberikan bantuan modal usaha kepada 63 pedagang kecil dan beasiswa bagi lima santri dan lima mahasiswa, Selasa (20/2/2018).

Ketua Baznas Kota Cirebon, Dwi Budi Novianto mengatakan, sebelum memberikan sejumlah bantuan, pihaknya terlebih dahulu melakukan survei dan membentuk kelompok untuk pedagang dengan maksud agar modal usaha tersebut bisa terus bergulir. Dengan demikian, diharapkan bantuan teresrbut bisa bertambah dan juga dirasakan oleh pedagang kecil lainnya. 

"Jumlah modal berkisar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta untuk setiap pedagang kecil seperti pedagang gorengan, nasi kuning, dan pedagang kecil lainnya," ujarnya usai Seminar Waris Pinjaman Modal dan Beasiswa Baznas Kota Cirebon, Selasa (20/2/2018).

Sedangkan, untuk pemberian beasiswa pendidikan kepada mahasiswa dan santri di Kota Cirebon masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp 6 juta pertahun.

Dia menyebutkan, potensi zakat di Kota Cirebon bisa mencapai angka Rp 10 miliar/tahun. Namun sepanjang tahun ini Baznas Kota Cirebon hanya mampu mengumpulkan zakat sebanyak Rp3,2 miliar, dengan target awal sekitar Rp5 miliar. Potensi itu, menurutnya dari pengumpulan zakat ASN Kota Cirebon, tetapi karena kurangnya sosialisasi maka hasilnya tidak maksimal. 

"Kami akan melakukan sosialisasi kepada SKPD, sebetulnya tahun lalu sudah dilakukan dan tahun ini akan dilakukan kembali," terangnya.

Sementara itu Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi menyampaikan terima kasih kepada Baznas Kota Cirebon atas bantuan tersebut. Dia berharap, para penerima bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya serta kelangsungan usaha mereka terus bertahan.

"Selaku perwakilan Pemerintah Kota Cirebon, saya ucapkan terima kasih. Ini manfaatnya ke depan, buka seketika sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin," ucapnya.

Dia menambahkan, Pemkot Cirebon akan terus mendorong Baznas meningkatkan penerimaan zakat sehinnga manfaatnya bisa dirasakan warga yang berhak.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600