Etnis Tionghoa Cirebon Persiapkan Perayaan Cap Go Meh
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Mar 01, 2018 | 14:00 WIB
Etnis Tionghoa Cirebon Persiapkan Perayaan Cap Go Meh
Sejumlah warga etnis Tionghoa mempersiapkan tandu untuk arak-arakan di Vihara Dewi Welas Asih, Cirebon, Kamis (1/3). (ayocirebon/Faqih Rohman)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Jelang satu hari perayaan Cap Go Meh, sejumlah warga keturunan Tionghoa di Kota Cirebon melakukan persiapan di Vihara Dewi Welas Asih, Kota Cirebon, Kamis (1/3/2018).

Pembina Umat sekaligus Pengurus Vihara Dewi Welas Asih, Romo Junawi mengatakan, persiapan ini meliputi proses menghias tandu yang akan digunakan untuk arak-arakan serta upacara terima tamu Dewa atau “Kim Shin” dari kelenteng di wilayah III Cirebon (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). “Ada sekitar 16 tandu disiapkan dan dirias untuk arak-arakan besok,” ujarnya di Cirebon, Kamis (1/3/2018).

Arak-arakan perayaan Cap Go Meh di Vihara Dewi Welas Asih rencananya bakal diikuti ratusan orang. Arak-arakan itu mengambil rute dari Gedung British American Tobacco (BAT), kemudian ke Pasuketan, Pekiringan, Pengrujakan, lalu memutar ke Sukalilah, Karang Getas, Kanoman, Talang, Yos Sudarso, dan kembali ke vihara. Acaranya sendiri bakal dimulai sejak pukul 14.00 WIB.

Cap Go Meh adalah penutup dari rangkaian acara Tahun Baru Cina atau Imlek. “Intinya Cap Go Meh itu penutupan tahun, karena setelah 15 hari merayakan Imlek. Habis ini kembali ke kegiatan normal,” ujar Junawi.

Junawi berharap, usai perayaan Cap Go Meh ini, semoga semuanya lebih baik dan damai daripada tahun sebelumnya. “Untuk Cirebon semoga masyarakatnya damai, lebih baik. Khususnya untuk Indonesia lebih kondusif,” ujarnya memungkasi.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600