Warga Tumpah Ruah Menyaksikan Kirab Budaya Cap Go Meh
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Mar 02, 2018 | 16:04 WIB
Warga Tumpah Ruah Menyaksikan Kirab Budaya Cap Go Meh

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Ribuan warga Cirebon dan sekitarnya padati Kirab Budaya Cap Go Meh di Kota Cirebon, Jumat (2/3/2018).

Berdasarkan pantauan, 16 joli atau tandu diarak dari Vihara Dewi Welas Asih Cirebon menyusuri jalan-jalan di Kota Cirebon. Setiap tandu membawa satu dewa Kong Cho.

Sebagian warga yang menyaksikan kirab budaya banyak yang mencoba melihat lebih dekat ke setiap joli. Mereka tetap bersemangat menyaksikan meskipun matahari bersinar terik. Warga yang menyaksikan tidak sedikit yang mengenakan pakaian berwarna merah yang dianggap melambangkan kejayaan.

Salah seorang warga asal Plumbon, Arif Rochidin (41), yang datang bersama keluarganya mengatakan dia setiap tahun menyaksikan kirab budaya ini lantaran di kawasan tempat tinggal tidak ada kirab budaya semacam itu. 

"Iya mas, setiap tahun kami rutin datang bersana keluarga melihat acara ini. Setiap tahunnya selalu meriah dan tak pernah bosan nonton," katanya. 

Menurutnya, kirab budaya ini adalah budaya turun temurun yang harus dilestarikan salah dengan cara merayakannya, dia juga menyebut acara ini memiliki kekhasannya sendiri.

"Acara ini khas mas, harapannya semoga kirab budaya ini memberikan keberkahan khususnya kepada Cirebon," pungkasnya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600