Banjir Desa Wanakaya Rusak 90 Hektare Areal Sawah
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Mar 13, 2018 | 18:00 WIB
Banjir Desa Wanakaya Rusak 90 Hektare Areal Sawah
Ilustrasi sawah tergenang banjir. (Antara)

GUNUNG JATI, AYOCIREBON.COM -- Sekitar 90 hektare areal persawahan di Wanakaya, Gunung Jati, Kabupaten Cirebon rusak akibat diterjang banjir yang terjadi selama tiga hari sejak Sabtu (10/3/2018).

Kepala Desa Wanakaya, Saliman, mengatakan banjir yang terjadi kali ini tidak hanya merendam ratusan rumah warga di Desa Wanakaya tetapi juga merusak juga areal persawahan milik warga seluas 90 hektare dan itu diperkirakan akan gagal panen.

Ia menjelaskan pada 21 Februari 2018 lalu, sawah di desa Wanakaya terkena puso atau gagal panen sebanyak 42 hektare. Berdasarkan taksiran kerugian akibat banjir mencapai Rp810 juta.

"Untuk kerugian sawah diktaksir perhektarnya sekitar Rp9 juta," jelas Saliman, Selasa (13/3). 

Saliman menerangkan banjir yang menerjang Desa Wanakaya diakibatkan oleh meluapnya air dari Sungai Cipager, Sungai Cilayur dan Sungai Bondet. Biasanya pun terjadi pada bulan Desember sampai Januari, tetapi kali ini banjir terjadi pada bulan Maret.

"Sekarang justru banjir terjadi bulan Maret, dan berdasarkan data yang ada banjir ini merendam sekitar 1470 rumah, sekolah, dan jalan," pungkasnya. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600