Pjs Wali Kota Cirebon Minta Penyelenggara Negara Lapor Harta Kekayaannya
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Mar 14, 2018 | 16:42 WIB
Pjs Wali Kota Cirebon Minta Penyelenggara Negara Lapor Harta Kekayaannya
Pjs Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik Kurohman. (Faqih Rohman/ayocirebon)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Pjs Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik Kurohman, meminta kepada penyelanggara baik itu eksekutif atau legislatif untuk segera melaporkan harta kekayaan yang dimilikinya.

Menurutnya untuk Laporan Harta Kekayaan Penyelanggara Negara (LHKPN) saat ini sudah dipermudah dengan adanya sistem online, namun hingga kini baru terdapat tiga orang dari 69 eksekutif yang baru melaporkannya. Sedangkan dari 32 anggota DPRD Kota Cirebon atau dari legislatif belum ada.

"Setiap penyelenggara negara diharuskan melaporkan harta kekayaannya, bahkan hingga kini baru beberapa saja yang sudah melaporkan," ujarnya, Rabu (14/3/2018).

Sementara itu, Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK, Asep Rahmat Suwanda ditemui ditempat yang sama mengatakan untuk mengoptimalkan laporan LHKPN Kota Cirebon KPK akan berikan waktu sekitar dua minggu untuk mengisinya.

"Berdasarkan data KPK sampai tanggal 31 Desember 2017 lalu baru tiga yang lapor dari Kota Cirebon, padahal sekarang kan bisa secara online dari sini (Kota Cirebon)," bebernya. 

Dia menjelaskan mengacu pada Undang-undang terkait penyelenggara pemerintahan yang bersih nomor 28 Tahun 1999 disebutkan setiap penyelenggara negara eksekutif atau legislatif dari tingkat kota dan kabupaten diwajibkan untuk melaporkan harta kekayaannya, bila tidak akan dikenakan sanksi administrasi oleh pimpinan mereka. 

"Tidak ada hukuman atau sanksi pidana tetapi sanksi administrasi saja bagi mereka yang tidak melaporkannya," jelas Asep. 

Asep berharap Pemerintah Kota Cirebon dalam hal ini, Wali Kota Cirebon memberikan sanksi kepada kepada penyelenggara negara yang tidak melaporkannya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600