Hujan Es Guyur Perumahan Giri Ciremai Kota Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Mar 14, 2018 | 19:10 WIB
Hujan Es Guyur Perumahan Giri Ciremai Kota Cirebon
Istimewa

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Hujan es disertai petir mengguyur Ciremai Giri, Kalijaga, Harjamukti, Kota Cirebon, Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 16.20 WIB. 

Salah seorang warga, Ani Nunung Aryani mengatakan, hujan es berlangsung sekitar tiga menit dan membuat suara gaduh pada genteng dan asbes rumahnya. Bahkan beberapa warga sekitar keluar rumah lantaran penasaran melihat fenomena alam langka tersebut. 

"Saya di rumah ketika hujan, tiba-tiba suara keras terdengar dari genteng rumah. Saat dicek terlihat butiran es. Warga sekitar pun ada yang keluar melihat es yang berserakan di lantai dan jalan," ujarnya kepada Ayocirebon melalui pesan singkat, Rabu (14/3/2018).

Sementara itu, Prakirawan cuaca BMKG Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Iziyin menjelaskan, hujan es yang terjadi di Kota Cirebon disebabkan awan hujan yang berwarna abu-abu kehitaman atau biasa disebut awan cumulonimbus.

Menruutnya, awan ini biasanya berada di ketinggian rendah. Ketika terjadi hujan di dalam awan kondisinya sangat jenuh dan beku sehingga terbentuk kristal es. Kristal es tersebut, kemudian turun ke bawah menuju daratan dan belum sempat mencair.

"Awan ini bisa menyebabkan terjadinya hujan lebat disertai angin kencang dan petir serta hujan es. Didukung oleh kondisi suhu udara tertentu di lingkungan sekitar kejadian, kristal es terbentuk dan turun ke bawah, karena belu sempat mencair maka terjadilah hujan es," pungkasnya. 

 

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600