Pemkot Cirebon Dukung Sistem Ekonomi Syariah
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Mar 28, 2018 | 17:19 WIB
Pemkot Cirebon Dukung Sistem Ekonomi Syariah
Ilustrasi -- Seorang pegawa bank bjb syariah saat melayani pelanggan bertransaksi. (AyoMediaNetwork/Ramdhani)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM – Pemerintah Kota Cirebon akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi syariah agar masyarakat sadar akan manfaat dari sistem perbankan alternatif tersebut.

"Sampai saat ini pertumbuhan ekonomi syariah di Kota Cirebon masih kecil, masih di bawah 20% dari bank konvensional. Pemkot akan terus dukung ekonomi syariah," ujar Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Asep Dedi, kepada ayocirebon, Rabu (28/3/2018).

Demi menopang pertumbuhan ekonomi syariah itu, kata Asep, diperlukan upaya berupa edukasi intens kepada masyarakat dan para pelaku industri perbankan. Sebab, saat ini kesadaran masyarakat terhadap sistem perbankan alternatif tersebut terbilang masih rendah.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki sistem ekonomi syariah, baik dari segi agama dan aspek keuntungan. “Kalau dilihat dari agama, kan, sistem konvensional ini ada riba. Syariah lebih aman karena bagi hasil. Lalu, ini juga bisa menghilangkan rentenir dan sebagainya,” kata Asep menjelaskan.

Sementara itu, Sekretaris Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Cirebon, Ali Wahyuno, mengatakan jika di Indonesia, sistem ekonomi konvensional masih mendominasi dibandingkan dengan syariah.

“Masih banyak masyarakat yang enggan menabung di bank syariah,” kata Ali.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600