Aksi Pencurian HP di Kereta Digagalkan Bunyi Alarm
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Apr 03, 2018 | 13:45 WIB
Aksi Pencurian HP di Kereta Digagalkan Bunyi Alarm
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Petugas Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) menangkap terduga pelaku pencurian di Kereta Api Matarmaja jurusan Malang-Pasar Senen, Selasa (3/4/2018) sekitar jam 06.10 WIB. 

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro, mengatakan jika pelaku bernama Moch Zainul (40) nekat mencuri ponsel milik seorang penumpang kereta api, Dimas (19), yang tengah diisi baterai di KA 171 Matarmaja kelas ekonomi 3–15 C.

"Kejadiannya saat kereta api berangkat dari Stasiun Pekalongan. Korban ketika itu sedang tertidur," ujarnya kepada ayocirebon, Selasa (3/4/2018).

Aksi terduga diketahui oleh korban ketika alarm ponsel miliknya berbunyi saat akan memasuki Stasiun Prujakan, Kota Cirebon. Ketika tersadar, korban pun kemudian melaporkan aksi pencurian tersebut kepada kondektur dan Polsuska setempat. 

Agar tidak memancing keributan dan keresahan penumpang lainnya, petugas pun mengambil tindakan dengan menurunkan terduga dan memprosesnya di pos pengamanan stasiun.

"Pas dengar alarm ternyata hp korban ada di tas terduga ketika berhenti di Stasiun Prujakan. Korban lapor ke petugas, kemudian terduga diamankan ke pos pengamanan," terang Kris. 

Kris menerangkan, usai diamankan, korban dan terduga dibawa ke Polsek Seltim Kota Cirebon untuk ditindaklanjuti. Tetapi karena korban tidak ingin melanjutkan permasalahan ini, korban pun melanjutkan perjalanannya menuju Pasar Senen dan menyerahkan semuanya pada pihak yang berwajib. 

"Pelaku tetap dibawa ke Polsek untuk ditindaklanjuti dengan pembuatan BAP. Ini dilakukan sebagai efek jera bagi terduga," ungkapnya.

Dia menjelaskan, hingga kini kasus pencurian di kereta api sangat jarang terjadi. Bahkan kasus ini merupakan yang pertama di tahun 2018 ini. "Kasus serupa jarang, ini kejadian kali pertama di tahun ini," kata Kris memungkasi.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600