Program Motis Bisa Dinikmati dari 10 April hingga 24 Juni 2018
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Apr 13, 2018 | 20:19 WIB
Program Motis Bisa Dinikmati dari 10 April hingga 24 Juni 2018
Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro. (Faqih Rohman/ayobandung)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro, mengungkapkan program angkutan motor gratis (Motis) yang dikeluarkan oleh Kemenhub bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Cirebon di Stasiun Cirebon Prujakan mulai dari tanggal 10 April hingga 24 Juni 2018.

"Sudah dimulai dari tanggal 10 April 2018 lalu hingga 24 Juni 2018 mendatang," ujarnya kepada Ayocirebon, Jumat (13/4/2018).

Dikatakannya untuk kapasitas angkutan motor gratis tersebut disesuaikan dengan angkutan awal dari Jakarta Gudang yang bisa memuat sampai 58 unit sepeda motor setiap satu kereta barang dengan satu rangkaian perjalanan terdiri dari delapan kereta barang.

Terdapat tiga jurusan rute lintas yang akan dilalui untuk angkutan ini, pertama rute utara dari Jakarta Gudang - Semarang Tawang - Surabaya Pasar Turi, sedangkan untuk rute selatan dibagi dua yaitu Jakarta Gudang - Kiaracondong - Kutoarjo, kemudian Jakarta Gudang - Purwokerto - Blitar. 

"Lintas yang dilalui ada tiga jurusan yakni satu melalui rute utara, dan dua melalui rute selatan," beber Kris.

Mudik Motis
Kris menjelaskan lebih lanjut pada masa angkutan lebaran 2018, pihaknya juga sudah menyiapkan Motis.

Ketika arus mudik, Motis hanya melayani enam hari dari tanggal 8 - 13 Juni 2018 dan pada arus balik sekitar tujuh hari mulai tanggal 19 - 25 Juni 2018. Jumlah yang bisa ditampung dengan ketersediaan delapan kereta barang bisa mencapi 468 unit sepeda motor. 

Bagi penumpang kereta api yang ingin mengikuti program Motis bisa mendaftar langsung dengan menunjukan tiket kereta api ke stasiun setempat. Selain itu masyarakat pun bisa mendaftar secara online melalui website Kemenhub.

"Pendaftaran syaratnya tiket kereta api. Untuk Cirebon pendaftaran hanya bisa dilakukan langsung. Nantinya motor pemilik bisa diangkut walaupun tidak harus di kereta api yang sama. Karena ini kan tersendiri," pungkas Kris. 

Kris menambahkan untuk mengikuti program Motis syaratnya tidak hanya yang telah memiliki tiket kereta api saja, tetapi juga bisa tiket bus, travel, dan moda transportasi darat lainnya yang bertiket resmi.

 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600