Polres Cirebon dan Cirebon Kota Siagakan Anggotanya Kawal Aksi Buruh
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada May 01, 2018 | 15:49 WIB
Polres Cirebon dan Cirebon Kota Siagakan Anggotanya Kawal Aksi Buruh
Aksi longmarch buruh yang berlangsung di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Cirebon, Selasa (1/5/2018). (Faqih Rohman/ayocirebon)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Kepolisian Resort Cirebon menerjunkan sekitar 304 personel guna mengamankan jalannya aksi longmarch buruh yang berlangsung di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Cirebon pada Hari Buruh Internasional, Selasa (1/5/2018).

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto, mengatakan aksi longmarch tersebut dilakukan oleh para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cirebon. Mereka berkonvoi menggunakan kendaraan roda dua dan empat dengan mendatangi beberapa tempat penting seperti Balaikota Cirebon, Kompleks Pemkab Cirebon dan lainnya untuk menyuarakan tuntutannya.

"Ada beberapa titik yang mereka datangi baik di Kota dan Kabupaten Cirebon, namun untuk di Kabupaten nanti akan berpusat di Kompleks Pemkab Cirebon," ujarnya di Balaikota Cirebon, Selasa (1/5/2018).

Lebih lanjut disebutkan sekitar 500 - 600 buruh mengikuti aksi tersebut. Aksi yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari ini berjalan dengan aman dan tertib, para buruh menyampaikan aspirasnya dengan tenang dan damai. 

"Kondisinya aman, tertib dan terkendali. Mudah-mudahan aksi ini bisa berjalan lancar hingga selesai nanti," kata Suhermanto. 

Ia menjelaskan tidak ada penutupan arus lalu lintas dari Kabupten menuju Kota Cirebon dan sebaliknya. Ini dilakukan karena melihat perilaku para buruh yang tertib dan hanya dilakukan pengawalan saja. Sedangkan untuk disusupi oleh isu politik pada aksi ini tidak terlihat sedikit pun. 

"Tidak ada penutupan jalur hanya pengawalan saja dari kota dan kabupaten. Dan tidak ada kerawanan potensi unsur politik," paparnya. 

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy menambahkan untuk Kota Cirebon tidak ada aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para buruh, namun Polres Cirebon Kota tetap melakukan pengamaan karena ada massa buruh dari Kabupaten yang akan melakukan aksi di depan Balaikota Cirebon. 

Untuk personel dari Polres Cirebon Kota yang diterjunkan untuk pengawalan aksi tersebut sekitar 300 anggota disiagakan, guna mengawal aksi para buruh berjalan aman, damai dan tertib.

"Ada beberapa kelompok dari Kabupaten akan melakukan aksi sekitar 300 personil di BKO kan untuk mengamankan aksi May Day para buruh," pungkasnya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600