Jelang Arus Mudik, Sat Lantas Polres Cirebon Siapkan Rambu Lalin
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jun 04, 2018 | 19:10 WIB
Jelang Arus Mudik, Sat Lantas Polres Cirebon Siapkan Rambu  Lalin
Polres Cirebon menyiapkan rambu-rambu lalu lintas untuk kelancaran arus mudik Lebaran 2018. (Faqih R Syafei/ayocirebon)

SUMBER, AYOCIREBON.COM--Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon siap mengawal arus mudik Lebaran 2018 di Jalur Pantura Cirebon. Saat ini, jajaran Sat Lantas Polres Cirebon tengah sibuk mempersiapkan sejumlah rambu-rambu dan tiang penyekat jalan atau tolo-tolo. 

Kanit Pendidikan Rekayasa Sat Lantas Polres Cirebon, Ipda Sugiharto mengatakan, persiapan ini dilakukan untuk mengatur arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Cirebon agar mudik bisa berjalan dengan lancar. Alat-alat tersebut digunakan untuk menutup beberapa jalan putar balik yang menjadi biang kemacetan. 

"Ini untuk kesiapan Operasi Ketupat Lodaya 2018 dengan menyiapkan rambu dan tolo-tolo. Itu semua digunakan mulai dari Polsek Susukan hingga Polsek Losari," ungkpanya kepada ayocirebon.com, Senin (4/6/2018).

Menurutnya, di wilayah hukum Polres Cirebon terdapat sekitar 197 putaran arah atau U-Turn, tapi tidak semuanya ditutup oleh tolo-tolo atau bambu, sebab melihat dahulu situasi dan lokasi sekitar jalan. Bila putaran tersebut menyababkan kemacetan, terpaksa ditutup untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan.

Sementara untuk mencegah masyarakat merusak atau mengangkat tolo-tolo yang telah terpasang untuk menerobos trotoar, Sat Lantas Polres Cirebon menggunakan tolo-tolo yang berukuran besar, sehingga masyarakat tidak bisa memindahkannya.

"Akan digunakan tolo-tolo yang lebih besar dan diisi dengan coran, semen serta besi sehingga tidak bisa digotong oleh satu orang," terang Sugiharto. 

Sugiharto mengimbau kepada masyarakat dan pemudik untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendara di jalan raya, imbauan tersebut yakni demi kebaikan bersama.

"Jangan motong jalan, itu bisa membayakan diri sendiri dan orang lain. Sedangkan untuk penutupan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan dan petunjuk," pungkasnya.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600