Masyarakat Harus Lebih Teliti dalam Menggadaikan Barangnya
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jun 05, 2018 | 21:08 WIB
Masyarakat Harus Lebih Teliti dalam Menggadaikan Barangnya
Kepala OJK Cirebon, M Lutfhi. (Faqih Rohman/ayocirebon)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon mengimbau kepada masyarakat agar lebih teliti ketika menggadaikan barang berharganya ke perusahaan pegadaian. Ketelitian ini diperlukan demi kenyamanan masyarakat dan keamanan barang berharga miliknya. 

"Saya harap masyarakat bisa teliti menggadaikan barangnya, seperti halnya masyarakat harus teliti dalam berinvestasi dengan mengandalkan dua kriteria yakni legal dan logis," ungkap Kepala OJK Cirebon, M Lutfhi kepada awak media di Kantor OJK Cirebon, Selasa (6/5/2018).

Lutfhi mengatakan, sebaiknya masyarakat memilih tempat atau perusahaan pegadaian yang sudah terdaftar dan berizin resmi di OJK. Hingga kini, tercatat ada sekitar 585 Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) yang ada di seluruh Indonesia, 24 di antaranya baru mengantungi syarat.

Untuk itu, OJK Cirebon akan terus melakukan sosialisasi kepada perusahaan pegadaian lainnya agar segera mendaftarkan perusahaannya. Sebab, setelah terdaftar dan mendapatkan izin resmi, perusahaan bisa menjalankan usahanya dengan legal dan nyaman.

Penertiban ini bertujuan untuk melindungi masyarakat atau konsumen agar bisa menggadaikan barang berharganya secara aman dan tidak khawatir akan dibawa kabur. 

"Mudah-mudahan di bulan Ramadan ini banyak yang tertarik daftar karena sangat mudah. OJK pun akan membantu proses perizinannya. Untuk pendaftaran bisa langsung ke kantor OJK karena sudah berkoordinasi dengan regional dan pusat," kata Lutfhi. 

Luthfi mengungkapkan, hingga kini OJK Cirebon belum bisa memastikan berapa jumlah perusahaan pegadaian yang ada di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Oleh karena itu, OJK Cirebon akan mengundang Forum Komunikasi Jasa Keuangan (FKJK) untuk membantu mendata keberadaan perusahaan pegadaian.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600