Pengelola Tol Cipali Akan Buka 26 Gardu Untuk Layani Pemudik
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jun 10, 2018 | 14:27 WIB
Pengelola Tol Cipali Akan Buka 26 Gardu Untuk Layani Pemudik
Situasi Gerbang Tol Palimanan Utama pada Sabtu (9/6/2018). (Faqih Rohman/AyoBandung)

TOL CIPALI, AYOCIREBON.COM--PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola Jalan Tol Cipali akan mengoperasikan sebanyak 26 gardu di Gerbang Tol Palimanan Utama pada H-2 hingga H+4 lebaran 2018. Pengoperasian tersebut sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kepadatan kendaraan.

GM Operasional PT LMS, Suyitno menuturkan rencana tersebut diambil karena diprediksi jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali mendekati lebaran akan mengalami kenaikan sekitar 15% dibandingkan tahun lalu. Maka 14 gardu tambahan akan dibuka guna melayani pemudik agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"14 gardu akan dibuka lagi sehingga seluruhnya ada sekitar 26 gardu yang beroperasi di Gerbang Tol Palimanan Utama," ungkapnya kepada ayocirebon, Minggu (10/6/2018).

Selain itu, pengelola pun akan menambah jumlah petugas tol sebanyak 78 orang untuk membantu dalam pelayanan transaksi dan 18 orang untuk membantu mengatur arus lalu lintas. Kemudian enam unit videotron disediakan guna memberikan info lalu lintas di Tol Cipali kepada para pemudik, menyiagakan mobil patroli, ambulance, rescue, derek, PJR Kantib serta Turlalin yang khusus beroperasi pada hari lebaran. 

Sambungnya, parking bay yang ada akan dioperasikan secara situasional dengan dilengkapi fasilitas portable toilet berada di Km 153 A atau Km 155 B dan Km 78 AB. Di rest area akan ditambahkan beberapa toilet portable khusus perempuan, lalu ada juga kios makanan, restoran, penambahan tempat parkir, genset, BBM kemasan 5 - 10 liter, serta Posko Kesehatan dn layanan mobile top up E-Toll. 

"Fasilitas-fasilitas tambahan tersebut sengaja disediakan oleh kami dengan tujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi para pemudik yang melintas di Tol Cipali," kata Suyitno. 

Suyitno mengatakan pada musim mudik lebaran tahun ini, pengelola akan membagikan peta mudik serta buku saku travel Cipali versi kuliner halal yang akan dibagikan pada tanggal 12 - 13 Juni 2018. Sedangkan pada arus balik akan dibagikan pada tanggal 20 - 21 Juni 2018, apabila ingin lebih praktis terdapat versi onlinenya yang bisa diunduh dihttp://online.fliphtml5.com/jhaa/vckz/.

Dia menambahkan pada tanggal 15 - 17 Juni 2018 pemudik yang melintasi Tol Cipali akan mendapatkan diskon sebesar 10%. Diskon ini berlaku apabila saldo E-Toll mencukupi dan berlaku hanya pada E-Toll yang telah ditransaksikan pada gardu masuk. 

"Terkait tarif, manajemen LMS akan berikan potongan harga 10% dengan ketentuan dan syarat tertentu," pungkas Suyitno.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600