Tol Cipali: Sistem One Way Diberlakukan Sepanjang 120 Km
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jun 13, 2018 | 22:16 WIB
Tol Cipali: Sistem One Way Diberlakukan Sepanjang 120 Km
Sistem one way di Tol Cipali.(Faqih Rohman/ayocirebon)

TOL CIPALI, AYOCIREBON.COM--Karena adanya lonjakan arus kendaraan dari arah Jakarta Menuju Jawa Tengah, Kepolisian memberlakukan sistem one way dari Km 82 Tol Cipali hingga Km 218 Tol Kanci - Pejagan guna mengurai kemacetan, Rabu (13/6/2018).

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto, mengatakan sistem one way ini diberlakukan mulai pukul 17.30 WIB. Hal ini karena adanya rangkaian panjang kendaraan pemudik dari daerah Subang hingga Palimanan yang menuju Jawa Tengah. 

"Kami lakukan dari menjelang Magrib sekitar pukul 17.30 WIB dari Km 82 Tol Cipali sampai Km 218 Tol Kanci," ungkapnya kepada Ayocirebon, Rabu (13/6/2018).

Disebutkannya, kebijakan sistem one way ini akan terus berlangsung hingga arus lalu lintas berjalan normal kembali. "Sampai kapannya, ini sampai benar-benar lancar. Kami pun menunggu instruksi dari pusat," jelas Suhermanto. 

Dia menyatakan untuk arus lalu lintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta kendaraan pemudik akan dikeluarkan di Gerbang Tol Ciledug Km 223 selanjutnya diarahkan melewati jalur arteri sampai Purwakarta. Apabila kebijakan one way dicabut maka akan dikembalikan ke jalur biasa.

Lebih lanjut, Suhermnato menyebutkan kepadatan arus kendaraan pemudik yang terjadi pada H-2 lebaran sesuai dengan prediksi. Untuk menangani hal tersebut Polres Cirebon akan berupaya semaksimal mungkin dengan melakukan sistem one way serta mengalihkan arus lalu lintas ke jalur arteri.

"Semoga kepadatan arus kendaraan ini bisa segera mencair agar bisa normal kembali," katanya. 

Sementara itu, ditempat terpisah, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengatakan sistem one way yang diberlakukan sejak sore tadi berlangsung hingga Km 218 Tol Kanci - Pejagan di Mertapada. Langkah ini diambil untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Tol Cipali.

"Sekitar 120 Km sistem one way diberlakukan. Kebijakan ini diberlakukan hingga benar-benar arus lalu lintas kembali lancar," pungkasnya.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600