Petis, Makanan Kegemaran Putri Ong Tien
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 06, 2018 | 19:02 WIB
Petis, Makanan Kegemaran Putri Ong Tien
Petis. (Faqoh Rohman/ayocirebon)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Istri Sunan Gunung Jati, Putri Ong Tien, ternyata seorang penggemar petis yiatu makanan berwana hitam pekat yang terbuat dari ebi atau udang kecil khas olahan warga pesisir.

Menurut filolog Cirebon, Opan Rahman Hasyim, kedatangan Ong Tien ke Cirebon ketika itu disambut meriah dengan tari-tarian dan makanan yang enak-enak. Satu dari makanan yang terhidang dan langsung memikat atau menarik perhatian Ong Tien adalah petis karena rasanya yang enak. 

Saking sukanya, Putri Ong Tien sempat dijuluki sebagai Ratu Petis.

"Satu dari makanan tersebut yang paling disukai katanya petis. Karena termasuk seleranya," ungkapnya kepada ayocirebon, Jumat (6/7/2018).

Mengetahui istrinya menyukai petis, Sunan Gunung Jati memfasilitasinya dengan menyediakan petis. Bahkan di setiap kesempatan, petis selalu hadir sebagai teman makan atau pelengkap hidangan.

"Sehari-hari selalu ada, disandingkan dengan makanan lainnya, setiap menu harus ada. Ong Tien itu paling disayang Sunan Gunung Jati," kata Opan.

Opan menjelaskan petis disinyalir berasal dari negeri Tiongkok dan sudah ada jauh sebelum kedatangan Ong Tien ke Cirebon. Karena sebelumnya wilayah Nusantara pernah berhubungan negeri Tiongkok yaitu dengan Laksamana Cheng Ho.

Berdasarkan beberapa sumber sejarah, Mbah Kuwu Cirebon leluhurnya orang Cirebon sekaligus paman Sunan Gunung Jati yang babad alas diketahui sudah membuat petis.

"Bisa jadi petis ada sudah sejak lama. Karena kan sebelumnya ada Cheng Ho dan Mbah Kuwu pun sudah bikin petis. Ditambah lagi terdapat beberapa perkampungan orang-orang Tiong Hoa dipesisir Pantura," terang Opan. 

Opan menambahkan petis dan terasi makanan khas produk pesisir sudah populer sejak dahulu kala sebagai komoditas dagang yang bernilai tinggi. Terbukti terasi dan garam Cirebon pernah dijadikan sebagai upeti yang diserahkan kepada Kerajaan Padjadjaran.

Namun petis Cirebon yang ada saat ini telah dimodifikasi terutama dari segi bahan utamanya yang berasal dari ebi. Saat ini petis menjadi pelengkap identik tahu. Masyarakat Cirebon mengenalnya dengan tahu petis yang banyak dijajakan dijalanan. Meskipun begitu, petis sebenarnya bisa disantap dengan makanan lain layaknya sambal.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600