Belum Satupun Bacaleg Daftar Ke KPU Kabupaten Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 09, 2018 | 18:30 WIB
Belum Satupun Bacaleg Daftar Ke KPU Kabupaten Cirebon
Logo KPU.

SUMBER, AYOCIREBON.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif sejak 4 Juli 2018 lalu. Namun hingga Senin (9/7/2018), belum ada satupun bakal calon yang mendaftar.

Komisioner KPU Kabupaten Cirebon Divisi Teknis, Marzuki Rais mengatakan, waktu pendaftaran untuk Pemilihan Legislatif Kabupaten Cirebon 2019 sudah dibuka sejak tanggal 4-17 Juli 2018. Sedangkan waktu verifikasi berkas Bacaleg dilakukan pada 5-18 Juli 2018.

Sejumlah persyaratan harus disiapkan oleh para calon. Di antaranya, tercatat sebagai warga negara Indonesia, usia minimal 21 tahun, pendidikan minimal SMA, surat keterangan sehat, tidak terlibat kasus korupsi dan lain sebagainya.

"Sampai hari ini belum ada yang mendaftar, kemungkinan ini karena banyaknya persyaratan yang harus dilengkapi oleh para calon," ungkap Marzuki kepada ayocirebon melalui sambungan telepon, Senin (9/7/2018).

Dijelaskan, setiap partai politik yang sudah terdaftar diberikan jatah kuota sebanyak 50 calon. Jumlah tersebut, disesuaikan dengan kursi dewan yang tersedia di Kabupaten Cirebon.

Untuk keterwakilan perempuan di Pileg 2019 berdasarkan aturan pemerintah sebanyak 30%. Apabila dalam satu Dapil terdapat tiga calon, minimal satu diantaranya dari kaum perempuan. 

"Satu dari tiga calon harus dari perempuan, bila terdapat lima harus ada dua," kata Marzuki.

Marzuki menambahkan walaupun belum ada yang mendaftar, tetapi beberapa partai politik sudah ada yang berkomunikasi dan berkonsultasi dengan KPU Kabupaten Cirebon terkait persyaratan pendaftaran.

"Yang konsultasi dengan kami sudah ada," terangnya.  

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya bahwa salah satu partai politik akan mendaftarkan Bacalegnya besok hari. 

"Besok ada satu partai yang mau daftar mas ke KPU Kabupaten Cirebon," pungkasnya.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600