Corat-coret di Gedung Bunder Bikin Warga Gerah
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 10, 2018 | 21:07 WIB
Corat-coret di Gedung Bunder Bikin Warga Gerah
Suasana Gedung Bunder di Lapangan Kebumen, Kota Cirebon. (Faqih Rohman/ayocirebon)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM--Aksi vandalisme di Gedung Bunder yang terletak di kawasan Lapangan Kebumen, Kota Cirebon menjadi pemandangan yang kurang sedap. Adanya coretan di dinding gedung menambah kesan tidak terawat. 

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1920 itu termasuk salah satu bangunan bersejarah di Kota Cirebon. Dulunya, bangunan itu difungsikan sebagai pos penjagaan untuk mengamankan wilayah sekitar. 

Andrianto (39), salah seorang warga Kota Cirebon, menyayangkan aksi corat-coret yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab terhadap Gedung Bunder. Secara tidak langsung mereka telah merusak keindahan bangunan bersejarah tersebut.

"Saya prihatin dengan orang yang sengaja corat-coret di situ. Karena itu, kan, bikin gedungnya terlihat jelek, apalagi itu bangunan lama," ungkap Andrianto kepada ayocirebon, Selasa (10/7/2018).

Andrianto menilai, apabila gedung tersebut dirawat dan dijaga dengan baik, Gedung Bunder bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk di Kota Cirebon. Terlebih letaknya berdekatan dengan sejumlah keraton dan dikelilingi gedung-gedung bersejarah lainnya.

"Kalau dirawat gedung itu akan bagus, dan bisa jadi daya tarik wisata. Nanti banyak orang ingin lihat," kata Andri. 

Warga lainnya, Panji (32), meminta Pemerintah Kota Cirebon untuk lebih memperhatikan bangunan-bangunan bersejarah yang ada di kotanya agar bisa bertahan lama dan dinikmati oleh generasi mendatang. 

"Pihak terkait harus lebih perhatikan bangunan lama, salah satunya ini (Gedung Bunder), sehingga anak cucu kita bisa tahu, bukan hanya mendengar ceritanya saja," pungkas Panji.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600