Harga Telur dan Daging Ayam Terus Merangkak Naik
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 11, 2018 | 18:40 WIB
Harga Telur dan Daging Ayam Terus Merangkak Naik
Ilustrasi penjual daging ayam. (Ramdhani/AyoMedia)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Harga komoditas telur ayam dan daging di Pasar PGC Kota Cirebon pekan ini terus merangkak naik. Disinyalir, kenaikan tersebut disebabkan oleh adanya cuaca buruk yang menyebabkan ayam rentan terkena penyakit. 

Salah seorang pedagang telur ayam, Rohman, menuturkan bahwa hingga hari ini, harga telur ayam mencapai Rp28.000/kg. Kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak sepekan terakhir ini. Mahalnya harga telur ayam saat ini membuat para pembeli sedikit terkejut karena harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan momen Lebaran lalu.

"Harga telur waktu Lebaran mencapai Rp23.000-Rp24.000/kg, beberapa hari lalu Rp27.000/kg dan hari ini naik lagi Rp1.000," ungkap Rohman, Rabu (11/7/2018).

Naiknya harga telur ayam saat ini dibarengi juga dengan harga daging ayam yang menembus Rp40.000/kg. Menurut Sutrisno, salah satu pedagang daging ayam di pasar yang sama, kenaikan harga tersebut telah dimulai sejak daging ayam berada di tangan pemasok. "Dari supplier pun sudah naik, saya pun terpaksa menaikan harganya," katanya. 

Sutrisno terpaksa mengurangi pasokan daging ayamnya karena bisa berdampak pada penjualan yang akan menurun. Bahkan, beberapa pelanggan tetapnya sudah mengurangi belanja daging ayam. 

"Saya kurangi pasokan daging ayam. Kalau terlalu banyak, takutnya tidak ada yang beli karena mahal," terang Sutrisno. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Yati Rohayati, mengaku tidak tahu pasti penyebab utama kenaikan kedua jenis komoditas tersebut. Dia menduga, kenaikan tersebut dipicu oleh cuaca buruk yang terjadi belakangan ini.

"Angin kencang yang saat ini terjadi menyebabkan ayam banyak mengalami sakit atau mati. Ditambah lagi permintaan kedua telur ayam dan daging ayam tinggi," jelas Yati.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600