Jelang Asian Games, Hotel dan Mall Harus Sediakan Metal Detector
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 12, 2018 | 19:23 WIB
Jelang Asian Games, Hotel dan Mall Harus Sediakan Metal Detector
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy. (Faqih Rohman Syafei/ayocirebon)
KEDAWUNG, AYOCIREBON.COM--Pengamanan di sejumlah tempat vital di Kota Cirebon akan ditingkatkan jelang perhelatan Asian Games 2018. Hotel dan pusat perbelanjaan diimbau untuk melengkapi alat keamanan untuk antisipasi teror. 
 
Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengungkapkan mengantisipasi aksi teror, Polres Cirebon Kota akan berkoordinasi dengan pihak intelejen dan Densus 88. Karena keduanya sangat mengetahui terkait detail informasi tersebut.
 
Kemudian, keamanan di sejumlah tempat keramaian seperti hotel dan pusat perbelanjaan serta lainnya akan ditingkatkan. Pengelola pun diimbau untuk menyediakan alat metal detector sebagai bentuk antisipasi.
 
"Karena sampai saat ini saya belum melihat adanya metal detector di hotel dan mall. Kami imbau seperti itu," ungkap Roland, Kamis (12/7/2018).
 
Dia mengatakan pengawalan kepada atlet Asian Games akan dilakukan, namun diupayakan para atlet dan official tidak berpergian sendiri. Karena akan menyulitkan pengamanan.
 
Apabila mereka ingin pergi sendiri, Polres Cirebon Kota menawarkan moda transportasi becak. Namun demikian tawaran ini masih perlu dikoordinasikan kepada Inasgoc selalu panitia Asian Games dan Pemda setempat. 
 
"Para atlet dan official untuk pengawalan wisata, kami harapkan bisa bergerak secara berkelompok, untuk permudah pengawalan. Alternatifnya kami akan sediakan becak," kata Roland.
 
Jika tawaran tersebut disetujui, pengemudi becak akan dibekali bahasa Inggris dasar dan doktrin pengamanan. Hal ini bertujuan agar tidak mengalami kesulitan dalam komunikasi dan memberikan keamanan serta kenyamanan ketika mengantar atlet atau official. 
 
"Ide ini muncul dari kami, jika setuju. Kami akan bersinergi dengan Pemda untuk bekali tukang becak basic skill bahasa Inggris ya minimal greeting," jelas Roland.
 
Roland menambahkan sebanyak 613 personil gabungan akan diterjunkan untuk mengamankan Asian Games 2018. Sejumlah personil keamanan akan disebar dan ditempatkan sampai ke lantai hotel tempat atlet dan official menginap.
 
Berdasarkan perintah Kapolda Jawa Barat, Polres Cirebon Kota rutin melakukan operasi Cipta Kondisi untuk menimalisir tindakan kejahatan jalanan atau street crim. Sehingga Kota Cirebon dan Provinsi Jawa Barat bisa aman dan nyaman serta bersih dari tindak kejahatan.
 
"Ini dilakukan untuk menciptakan kondisi aman, nyaman dan bersih," pungkas Roland. 
Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600