Gugatan Ke MK, Tim Bamunas-Edo Optimis Menang
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 13, 2018 | 17:05 WIB
Gugatan Ke MK, Tim Bamunas-Edo Optimis Menang
Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bamunas-Edo, Edi Suripno. (Faqih Rohman/ayocirebon)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Gugatan sengketa Pilwalkot Cirebon tahun 2018 sudah lolos tahap pendaftaran ke Mahkamah Konstitusi. Tim pemenangan pasangan nomor urut dua, Bamunas-Edo yakin akan memenangkan gugatan tersebut.

"Optimistis menang, semuanya harus yakin. Kalau pesimis, kita sudah setengah kalah," ungkap Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bamunas-Edo, Edi Suripno, Jumat (13/7/2018).

Edi mengatakan, tim kuasa hukum pasangan Bamunas-Edo sudah menyiapkan materi gugatan ke MK. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu proses tahapan persidangan di MK. 

"Kami tinggal ikuti tahapannya saja, karena ada 18 kota dan kabupaten yang berkas perkaranya ada di MK," jelasnya. 

Materi pokok gugatan terkait tentang pengaduan adanya pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh KPU dan Panwaslu Kota Cirebon. Sedangkan substansinya tentang pelanggaran pembukaan kotak suara secara tidak sah di sejumlah TPS.

"Kami pun sudah mengumpulkan beberapa bukti lampiran dan saksi-saksi yang menguatkan. Proses adhoc berjalan sekitar 30 hari sejak pertama kali sidang," kata Edi.

Edi menjelaskan, jika pemungutan suara ulang (PSU) dikabulkan oleh MK, maka akan dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus ini. Hal tersebut tidak akan mengganggu jadwal pelantikan kepala daerah yang baru pada September 2018 nanti.

"Jadi mau ada atau tidak gugatan ke MK, tetap September pelantikan kepala daerah," pungkasnya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600