100 Kebarakan Terjadi di Kabupaten Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Jul 19, 2018 | 19:49 WIB
100 Kebarakan Terjadi di Kabupaten Cirebon
Ilustrasi kebakaran (Pixabay)

SUMBER, AYOCIREBON.COM--Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon mencatat hingga Juli 2018 lebih dari 100 kejadian kebakaran terjadi di Kabupaten Cirebon. Banyak di antaranya terjadi lahan kosong. 

Komandan Operasional Dinas Damkar Kabupaten Cirebon, Eno Sujana mengungkap faktor kelalaian manusia merupakan salah satu faktor penyebab dari peristiwa kebakaran. Terlebih saat ini tengah memasuki musim kemarau yang membuat suhu udara menjadi semakin panas. "Kalau kata saya sih sebagai manusia lupa bahwa kemarau ini suhu panasnya tinggi sehingga banyak lahan kering dan sampah terbakar," ujarnya, Kamis (19/7/2018).

Disebutkannya dalam dua bulan terakhir saja peristiwa kebakaran sudah terjadi sebanyak 50 kali. Sedangkan dari awal tahun paling banyak terjadi di bulan Juli hingga lebih dari 30 kali.

Eno meminta kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera melengkapi sarana dan prasarana Damkar Kabupaten Cirebon, guna meningkatkan pelayan kepada masyarakat. Bahkan dari segi jumlah personil dan perlengkapan masih jauh dari standar. 

Idealnya dalam satu regu Damkar terdapat sekitar lima sampai enam orang yang ditempatkan dalam satu pos dan dilengakapi dengan dua mobil armada pemadam. "Personil mohon ditambah, total saat ini ada 160-an disebar ke sembilan pos. Armada ada 17 unit, tetapi yang layak pakai sekitar 10 unit," kata Eno. 

Dia mengimbau kepada masyarakat pada saat musim kemarau saat ini untuk menjaga lingkungan sekitarnya guna menekan potensi kebakaran. "Mohon untuk saling jaga, kalau kita lalai semuanya bisa jadi korban. Ini demi kepentingan bersama," pungkas Eno.

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600