Ajarkan Anak Cinta Lingkungan Lewat Permainan Tradisional
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Aug 06, 2018 | 21:20 WIB
Ajarkan Anak Cinta Lingkungan Lewat Permainan Tradisional
Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon. (Faqih/ayocirebon)
KLANGENAN, AYOCIREBON.COM--Ajarkan anak untuk mencintai lingkungan, Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon rubah lahan kosong menjadi arena permainan tradisional. Arena permainan tersebut dinamakan Latar Dolanan Tradisional terletak di Jalan Nyi Mas Endang Geulis Blok I, Kreyo, Klangenan, Kabupaten Cirebon.
 
Ketua Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon, Cecep Supriatna mengatakan arena tersebut dikhususkan sebagai tempat bermain anak-anak guna memperkenalkan beragam jenis permainan tradisional dan juga mengajarkan untuk lebih mencintai lingkungan sekitarnya. 
 
"Atas dasar keprihatinan terhadap lingkungan dan permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan. Maka kami berinisitif untuk kembali mengajarkan dan mengenalkam keduanya kepada anak-anak sejak dini," ungkapnya, Senin, (6/8/2018).
 
Menurutnya, ini bukan kampanye anti-gadget, tetapi sebagai penyeimbang agar kemajuan teknologi dan permainan tradisional bisa berjalan berbarengan. Serta tidak melupakan bahwa bangsa Indonesia mempunyai ribuan jenis permainan tradisional yang tidak kalah seru dengan gadget.
 
"Sekarang baru ada enam yang dimainkan disini, ada Wenga Papua, ada Pletokan, Engklek dan lain sebagainya. Ada 3000-an lebih permainan tradisional yang ada di Indonesia," kata Cecep.
 
Kedepannya, Cecep menambahkan dari ribuan permainan tersebut tidak semuanya diadakan, tetapi pihaknya akan menggali kembali potensi permainan asli Cirebon yang telah hilang tergerus jaman. 
 
Selain itu, di tahun mendatang Latar Dolanan Tradisional akan menggelar Piade Mantra atau Olimpiade Permainan Tradisiional dengan mengajak sekolah-sekolah untuk ikut berpartisipasi. "Ini kan baru soft launching jadi baru sedikit permainannya. Tetapi  tahun kemudian, kami akan bunyikan Piade Mantra," terang Cecep. 
 
Dijelaskannya, arena ini bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma untuk event tertentu, sedangkan untuk sekolah terdapat paket edukasi dan pendidikan lingkungan.
Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600