Ada CCTV di Tempat Pembuangan Sampah
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Sep 05, 2018 | 22:27 WIB
Ada CCTV di Tempat Pembuangan Sampah
CCTV. (Ilustrasi Pixabay.com)
KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Sejumlah inovasi akan dihadirkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon untuk menangani persoalan sampah. Salah satunya dengan memasang CCTV di setiap Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS). 
 
Kepala DLH Kota Cirebon, Abdul Syukur mengatakan pemasangan kamera pengawas tersebut bertujuan untuk memonitor aktivitas pembuangan sampah di TPSS. Selain itu, setiap TPSS pun akan ditempatkan beberapa petugas untuk mengawasi.
 
Menurutnya, penumpukan sampah di TPSS dikarenakan aktivitas pembuangan sampah yang tidak terkendali. Padahal TPSS diperuntukkan untuk menampung sampah rumah tangga.
 
"Karena banyak warga yang membuang sampah yang bukan kriterianya ke TPSS, dan ada juga warga yang lewat asal buang saja ke TPSS sehingga menumpuk," ungkapnya, Rabu (5/9/2018).
 
Selain pemasangan kamera pengawas, di tahun 2019 nanti DLH akan menghadirkan TPSS mobile dengan memakai dumptruck yang akan beroperasi hingga menjangkau ke setiap RW di Kota Cirebon.
 
Diharapkan dengan adanya TPSS mobile ini dapat mengurangi penumpukan sampah di TPSS. Sehingga penanganan sampah di Kota Cirebon bisa lebih baik. 
 
"Tahun 2019 TPSS di jalan protokol di Kota Cirebon seperti di Cipto Mangunkusumo, Wahidin, dan Kesambi akan ditutup dan diganti dengan TPSS mobile," terangnya.
 
Syukur mengingatkan kepada warga Kota Cirebon jangan asal membuang disembarang tempat, karena bisa dikenakan sanksi, mulai dari denda hingga kurungan penjara.
 
"Setelah disahkannya Perda Pengelolaan Sampah pada beberapa waktu lalu, terdapat sanksi bagi pelanggar mulai dari administrasi sampai pidana ringan. Denda maksimal Rp50 juta, sedangkan kurungan penjara sekitar tiga bulan. Namun ini akan diatur lagi dalam Perwali," pungkasnya.
Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600