KPU Kota Cirebon Siap Gelar PSU di 24 TPS
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Sep 13, 2018 | 15:51 WIB
KPU Kota Cirebon Siap Gelar PSU di 24 TPS
Ketua KPU Kota Cirebon, Emrizal Hamdani. (Faqih R Sayefi/ayocirebon).

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--KPU Kota Cirebon akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 24 TPS yang tersebar di empat kecamatan di Kota Cirebon. PSU ini berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan terdapat kesalahan prosedur pada penyelenggara Pilkada di Kota Cirebon.

Ketua KPU Kota Cirebon, Emrizal Hamdani menyebutkan 24 TPS yang melaksanakan PSU yaitu 18 TPS di Kesenden, Kasepuhan (1 TPS), Panjunan (1 TPS), Jagasatru (1 TPS), Kesambi (1 TPS), dan Derajat (2 TPS).

Meski menyatakan kesiapannya, namun KPU belum bisa memastikan waktu pelaksanaan PSU tersebut. Pasalnya, KPU terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan KPU Jabar dan KPU RI. Jika sudah disetujui oleh keduanya, maka PSU baru bisa dilaksanakan.

\"Berdasarkan putusan MK maksimal 30 hari paling lambat, tapi kami akan lakukan secepatnya kurang dari dua minggu. Keputusan tanggal hari ini akan ditetapkan,\" ungkapnya.

Emirzal menegaskan, pihaknya telah siap menggelar PSU. Bahkan pihaknya sudah memesan sekitar 6 ribu surat suara akan digunakan PSU nanti.

AYO BACA : Panwaslu Terus Kumpulkan Bukti Dugaan Pembukaan Kotak Suara Secara Tidak Sah

\"Surat suara cadangan yang ada sebanyak 2 ribu lembar, sedangkan jumlah DPT untuk 24 TPS ada sekitar 8.515 ditambah sekitar 2,5% setiap TPS jadi jumlahnya ada 8.738 lembar. Kurangnya telah dipesan hari ini,\" katanya.

Dijelaskan, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan unsur pemerintahan di wilayah yang termasuk 24 TPS tersebut. Selain itu setiap Paslon dam Timses kampanye sudah tidak diperbolehkan lagi untuk berkampanye.

Emrizal menjelaskan terkait tuduhan adanya penggelembungan atau pengurangan suara pada salah satu Paslon tidak terbukti. Dalam putusannya, MK menyebutkan pembukaan kotak suara yang tidak sesuai dengan prosedur.

\"Tidak terbukti tuduhan itu, yang ada hanya keselahan prosedur saja,\" ucapnya. 

Ditambahkannya, dari 73 TPS yang dituntut hanya 24 yang disetujui oleh MK. Keputusan ini sesuai dengan rekomendasi dari Panwascam Kota Cirebon.

AYO BACA : Gugatan Ke MK, Tim Bamunas-Edo Optimis Menang

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600