Berburu Barang Antik di Jalan Talang Kota Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Sep 30, 2018 | 18:13 WIB
Berburu Barang Antik di Jalan Talang Kota Cirebon
Barang antik yang berada di toko milik Jaja. (Faqih R Syafei/ayocirebon)
LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM--Bagi kolektor barang vintage yang sedang mencari barang antik untuk menambah koleksi, boleh dicoba mengunjungi toko barang antik yang ada di Jalan Raya Talang, Kota Cirebon. 
 
Di toko tersebut tersedia berbagai macam barang-barang antik, seperti guci, piring keramik Cina, cangkir, uang kuno, patung, dan lainnya. Bahkan beberapa diantaranya sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun.
 
Pemilik toko, Jaja mengatakan toko barang antik miliknya merupakan usaha turun temurun yang sudah dirintis sejak 30 tahun lalu oleh orang tuanya. Dia mulai berkecimpung dalam usaha berjualan barang antik sudah sejak 10 tahun lalu.
 
"Kalau saya jualan 10 tahun, tapi orang tua udah mulai usaha toko barang antik ini sejak 30 tahun lalu. Toko ini warisan orang tua, sekarang saya yang meneruskan," katanya kepada ayocirebon.com belum lama ini.
 
Berbagai macam barang antik yang dijual di toko, didapatkan dari orang-orang sekitar. Mereka sengaja menjual barang-barang tersebut kepada dirinya dengan berbagai macam alasan, seperti sudah tidak dipakai, kuno dan lain sebagainya.
 
"Barang jualan dapat dari orang sekitar rumah dan ada juga dari kampung. Mereka sengaja jual ke saya," terangnya. 
 
Jaja menjual barang antik di tokonya mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan. Harga tersebut,d disesuaikan dengan kondisi barang, kelangkaanya, umur barang dan sebagainya.
 
"Harga paling murah dari Rp100 ribu sampai Rp1jutaan. Bahkan ada yang lebih," ucap Jaja.
 
Dijelaskannya, alasan para pembeli banyak memburu barang antik yakni sekedar untuk dijadikan barang koleksi. Namun tak sedikit juga dijadikan sebagai mas kawin atau mahar terutama uang koin dan kertas kuno.
 
"Ada yang cari untuk dipakai mas kawin. Kalau itu jenis uang kuno, koin ataupun kertas," ucapnya.
 
Dia menambahkan pembeli barang antik ditokonya banyak berasal dari wilayah Kota Cirebon dan sekitarnya, Jakarta, serta Bandung. Selain itu, ada juga pembeli dari luar negeri yang sengaja datang mencari barang antik. 
 
"Ada orang luar negeri dari Belanda dan Jepang. Mereka mencari piring lama dan barang-barang yang terbuat dari kuningan," pungkasnya.
Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600