Ratusan Warga Kota Cirebon Bersihkan Sungai Kedung Pane
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Oct 02, 2018 | 14:08 WIB
Ratusan Warga Kota Cirebon Bersihkan Sungai Kedung Pane
Warga dan Pemerintah Kota Cirebon bersama-sama melakukan aksi bersih Sungai Kedung Pane, Kota Cirebon, Selasa (2/10/2018). (Faqih Rohman/ayocirebon)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Warga dan Pemerintah Kota Cirebon bersama-sama melakukan aksi bersih Sungai Kedung Pane, Kota Cirebon, Selasa (2/10/2018). Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Gerakan Indonesia Bersih 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Syukur mengatakan aksi bersih serentak ini untuk membersihkan lingkungan sungai dari sampah plastik dan limbah-limbah lainnya. Hal ini dilakukan karena sudah terjadi pendangkalan di ruas Sungai Kedung Pane.

"Pendangkalan ini karena adanya endapan sampah, lumpur, gulma, dan limbah lainnya yang merusak lingkungan sungai," ungkapnya, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, dengan adanya aksi ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan arti penting sungai bagi kehidupan dan saluran air. Terlebih menjelang musim hujan, sungai Kedung Pane salah titik terjadi banjir di Kota Cirebon. 

"Berharap masyarakat bisa memelihara sungai dengan tidak membuang sampah dan material lain ke sungai," katanya. 

Syukur menyebutkan kegiatan serupa akan dilakukan di tempat lainnya. Saat ini pihaknya tengah mengagendakan untuk menggalakan kegiatan bersih di Sungai Sukalila.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi V, Yosef Umarhadi mengaku senang bisa mengikuti aksi bersih sungai. Diharapkan ini menjadi kebiasaan yang bisa ditiru oleh masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai. 

"Sangat enjoy, karena dikerjakan bersama-sama sehingga tidak ada beban. Semoga semua instansi dan pihak terkait ada program untuk lakukan kegiatan bersih sampah minimal di lingkungan sekitarnya," ucapnya. 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk - Cisangarung, Happy Mulya menambahkan secara keseluruhan sungai-sungai di Kota Cirebon sudah ada sistem pengendalian banjir. Untuk antisipasi banjir di Kota Cirebon, pihaknya telah menyusun rencana dengan berbagai instansi terkait.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600