Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi Jadi Daya Tarik Pengunjung
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Oct 12, 2018 | 16:31 WIB
Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi Jadi Daya Tarik Pengunjung
Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, di Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon. (Faqih R Syafei/ayocirebon).

LEMAH WUNGKUK, AYOCIREBON.COM--Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon menyimpan berbagai macam benda peninggalan bersejarah Kesultanan Cirebon. Satu dari ribuan benda koleksi, lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi menjadi daya tarik pengunjung.

Wakabag Paket Wisata, Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon, RM Hafid Permadi mengatakan lukisan tersebut dibuat oleh seorang pelukis asal Garut bernama Ridho. Sebelum melukis, pelukisnya melakukan sejumlah ritual untuk mencari imajinasi tentang sosok Prabu Siliwangi. 

\"Dibuat pada tahun 2004. Pelukisnya tapa di Sancang, tempat yang diyakini sebagai situs Prabu Siliwangi,\" katanya, Jumat (12/10/2018).

Setelah beres, lukisan tersebut kemudian diserahkan ke Keraton Kesepuhan Cirebon ketika Sultan Sepuh XIII PRA Maulana Pakuningrat masih bertahta. Lukisan itu pun kemudian disimpan sebagai salah satu benda koleksi museum. 

AYO BACA : Sejarah Batu Gilang, Dulu Berfungsi Petunjuk Arah Kiblat

\"Lukisan itu dihadiahkan kepada Sultan Sepuh XIII dan sekarang jadi koleksi museum,\" jelasnya.

Menurut pengakuan pelukisnya, sosok dalam lukisan adalah gambaran Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, raja terkenal dari Kerajaan Padjajaran yang memerintah dari tahun 1481-1521 Masehi. Namun beberapa kalangan meragukannya, karena dalam sumber sejarah pun tidak disebut secara terperinci.

\"Kami belum bisa memastikan sosoknya, karena dalam naskah kuno tidak disebutkan ciri-cirinya,\" terang Hafid. 

Namun begitu, lukisan tersebut sejak awal sudah menyedot perhatian para pengunjung museum. Para pengunjung meyakini mata dan kaki lukisan tersebut serasa mengikuti, bahkan ada yang menyebutkan lukisan tersebut sebagai gambar 3D dan 4D. 

AYO BACA : Sejarah Batu Gilang, Dulu Berfungsi Petunjuk Arah Kiblat

\"Kalau dilihat dari berbagai sudut pandang, seolah-olah mengikuti arah pandang kita,\" sebutnya. 

Ditambakan, jika dilihat secara ilmi seni rupa, lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi dibuat dengan teknik tinggi. Tetapi beberapa jika dilihat dari kacamata orang yang mempunyai ilmu spiritual.

\"Kalau orang spiritual tentunya beda, tergantung orang yang melihatnya,\" katanya. 

Keberadaan lukisan tersebut menambah kekayaan benda koleksi museum. Bahkan banyak pengunjung yang datang untuk melihat dan berfoto di sebelah lukisan tersebut.

\"Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi merupakan salah satu primadona Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon,\" pungkasnya.

AYO BACA : Mitos Perawan Sunti di Goa Sunyaragi

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600