Berusia 400 Tahun, Kereta Singa Barong Ternyata Pakai Teknologi Power Streering
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Oct 12, 2018 | 18:33 WIB
Berusia 400 Tahun, Kereta Singa Barong Ternyata Pakai Teknologi Power Streering
Kereta Singa Barong. (Faqih R Syafei/ayocirebon).

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM--Teknologi power steering ternyata sudah digunakan pada masa kerajaan. Hal ini terbukti pada kereta kencana Singa Barong milik Keraton Kesepuhan Cirebon yang sudah berusia lebih dari 400 tahun.

Kereta Singa Barong dibuat oleh cucu Sunan Gunung Jati yakni Panembahan Losari pada tahun 1569 Masehi dengan menggabungkan tiga kebudayaan yakni Arab, India dan Tiongkok. Pada proses pembuatannya pun mengadopsi berbagai teknologi canggih pada masanya.

\"Kereta Singa Barong terinspirasi dari hewan prabangsa atau hewan hayalan dengan menggabungkan tiga teknologi dari tiga kebudayaan,\" kata Wakabag Paket Wisata, Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon, Hafid Permadi, Jumat (12/10/2018).

Hafid menjelaskan, terdapat keunikan pada setiap bagian kereta Singa Barong. Misalnya saja untuk menstabilkan kereta, pada badan atau body dipakaikan shock breaker yang terbuat dari bahan kulit.

Ketika digunakan, bagian sayap kereta bisa bergerak sehingga menghembuskan angin kedalam, lalu terdapat per pada lidah yang membuatnya bergerak keluar masuk.

\"Shock breaker untuk stabilkan kanan dan kiri, lalu angin dari hembusan sayapnya membuat penumpang kereta tidak kepanasan,\" katanya.

AYO BACA : Lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi Jadi Daya Tarik Pengunjung

Sistem kemudi kereta Singa Barong memakai sistem as tengah yang menyerupai gasing. Bagian atas kemudinya paten, namun bagian bawahnya bisa digerakan. Dua roda depannya pun dibuat kecil dengan tujuan agar kereta mudah dikendalikan.

\"Kalau sekarang sistem kemudinya seperti sistem power steering, sehingga mudah dikendalikan,\" jelas Hafid.

Dijelaskan, pada bagian roda kereta dipasangkan besi untuk memadatkan tanah ketika bergerak, sedangkan bagian jari-jarinya dibuat keluar atau seperti payung untuk membuang bobot kereta yang berat. 

\"Banyak mas keunikan lainnya, kap atasnya bisa dibuka, dibagian pantatnya ada bagasinya. Dan ditengahnya pun ada lubang, jadi kalau hujan airnya bisa terbuang lewat lubang itu,\" ucapnya. 

DKereta Singa Barong, lanjutnya, hanya digunakan pada waktu tertentu saja, seperti pada perayaan 1 Muharram dan pelantikan raja. Kereta ini pun termasuk salah satu kereta kencana tercantik didunia. 

\"Kereta Singa Barong dihiasi ribuan intan. Jika terkena sinar matahari akan memantulkan cahaya yang indah dari ribuan kecil serbuk intan yang menempel,\" pungkas Hafid.

AYO BACA : Sejarah Batu Gilang, Dulu Berfungsi Petunjuk Arah Kiblat

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600