Sudah 13 Hari Kebakaran di Gunung Ciremai Belum Padam
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Oct 12, 2018 | 20:36 WIB
Sudah 13 Hari Kebakaran di Gunung Ciremai Belum Padam
(Ilustrasi Pixabay)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Memasuki hari ke-13, kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai (TGNC), Kabupaten Kuningan masih belum bisa dipadamkan. Sebanyak ribuan hektare lahan habis dilahap api, Jumat (12/10/2018).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin mengatakan hingga kini tim gabungan masih terus berupaya memadamkan kobaran api di TNGC. Lamanya proses pemadam api, karena terekendala faktor alam dan medan dilapangan.

AYO BACA : Api Lahap 355,52 Hektare Lahan Gunung Ciremai

\"Kondisi medan yang berbukit disertai banyaknya tumbuhan dan alang-alang, lahan berbatu, dan arah angin yang berubah-ubah menjadi kendala dilapangan,\" katanya, Jumat (12/10/2018).

Dia menyebutkan hingga sore hari ini lahan yang terbakar di TNGC mencapai 1.290 hektare. Kobaran api pun telah merambat dan membakar kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) seluas 19 hektare.

AYO BACA : Api Melahap 900 Hektare Lahan di TNGC

Sambungnya, selain membakar lahan dan hutan, api juga membakar satu unit pondok wisata di Bukit Seribu Bintang, dan empat unit motor ATV.

\"Api pertama terlihat sejak 30 September 2018 di blok Erpah, kemudian pada 04 Oktober meluas ke dan merembet ke KRK,\" kata Agus.

Saat ini, tim gabungan yang terdiri dari 66 orang dari berbagai instansi dan elemen masyarakat melakukan pemadaman di sebelah selatan Panyusupan Batu Arca. Pemadaman ini dilakukan dengan penyerangan ke titik api.

\"Tim gabungan akan terus melakukan pemadaman api, dan direncanakan akan berlangsung hingga malam hari,\" sebutnya.

Agus menambahkan rencana penanganan yang dilakukan pada esok hari, yaitu pemadaman ke titik api yang masih menyala dan juga melakukan penyisiran sisa bara api.

AYO BACA : Api Melahap Gunung Ciremai, 50 hektare Terbakar

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600