DKIS Kota Cirebon Terus Optimalkan Program Smart City
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Nov 06, 2018 | 11:52 WIB
DKIS Kota Cirebon Terus Optimalkan Program Smart City
Sekretaris DKIS Kota Cirebon, Ma'ruf Nuryasa bertukar cendera mata dengan Kepala Diskominfo Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja. (Faqih Rohman Syafei/Ayocirebon.com)

BALI, AYOCIREBON.COM--Dinas Komunasikasi, Informatika dan statistika (DKIS) Kota Cirebon terus mengoptimalkan program smart city. Salah satu upayanya dengan melakukan studi komparasi ke Kabupaten Badung, Bali. 

Dalam kunjungan itu, DKIS Kota Cirebon mempelajari pengembangan smart city yang dilakukan Pemkab Badung, seperti pengembangan aplikasi dan infrastruktur yang sudah berjalan.

"Hasil ini semakin memantapkan kami (DKIS Kota Cirebon) untuk terus memaksimalkan," kata Sekretaris DKIS Kota Cirebon, Ma'ruf Nurayasa, Senin (5/11/2018).

Ma'ruf menerangkan beberapa program smart city yang ada di Kabupaten Badung bisa diterapkan di Kota Cirebon, seperti memaksimalakan penyediaan Wi Fi gratis dan CCTV dengan memakai fiber optic (FO). Sedangkan di Kota Cirebon hingga kini baru terpasang sebagian. 

"Kalau di Badung sudah semua pakai FO, di Kota Cirebon sebagian. Dan ini sudah kiga lakukan," katanya.

Menurut informasi dari Pemkab Badung, sambungnya pembangunan FO dilakukan melalui kerjasama dengan pihak swasta atau non pemerintah. "Ini juga akan diupayakan termasuk pemanfaatan akses CCTV sudah mulai," sebut Ma'ruf.

Terkait aplikasi, Ma'ruf menjelaskan ada beberapa item terkait pemanfaatan teknologi khususnya yang berhubungan dengan pengembangan pariwisata akan dikembangkan di Kota Cirebon, seperti sistem informasi pariwisata (Sita).

"Di Kota Cirebon ada embrionya namanya Wistakon (wisata Kota Cirebon) ini sangat bagus sekali. Badung ini kan destinasi wisata domestik dan internasional, Insya Allah beberapa akan dikembangkan," pungkasnya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600