KPU Kabupaten Cirebon Perbaiki Data DPT
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Nov 13, 2018 | 20:33 WIB
KPU Kabupaten Cirebon Perbaiki Data DPT
Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli. (Faqih Rohman Syafei/Ayocirebon.com)

KEDAWUNG, AYOCIREBON.COM--KPU Kabupaten Cirebon menggelar rapat pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) di Hotel Apita Cirebon, Selasa (13/11/2018).

Hasil penetapan rekapitulasi DPTHP kedua masih terganjal akibat adanya data yang belum lengkap. Dari 40 kecamatan di Kabupaten Cirebon, 39 di antaranya data DPT sudah bisa dimasukan.

"39 clear angkanya sudah bisa dimasukan, kecuali kecamatan Greged masih ada problem internal yang belum selesai," ucap Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Saefuddin Jazuli usai rapat, Selasa (13/11/2018).

Saefuddin menjelaskan permasalahan di Kecamatan Grered yakni adanya ketidakcocokan terkait data pemilih. Sehingga berdampak pada ketidaksesuaian data di tiap TPS.

"Data itu awalnya ditiap-tiap TPS ini segini ditulisnya segini. Jadi disini cuma ada 30 orang ditulisnya 36 orang lama-lama banyak TPS jadinya acak-acakan," sebutnya.

AYO BACA : KPU Kabupaten Cirebon Prediksikan Partipasi Pemilu 2019 Meningkat

Namun demikian, pihaknya akan tetap membuat berita acara terkait rapat rekapitulasi yang akan disampaikan ke KPU Jabar. Dia pun menunggu sikap dari KPU Jabar terkait persoalan ini.

"Mau tak mau harus kesana, karena besok sudah harus direkap ditingkat provinsi," jelas Saefuddin.

Dia menyebutkan jumlah DPT Kabupaten Cirebon untuk Pemilu 2019 terjadi peningkatan. Sebelumnya, DPT pada Pilkada Serentak 2018 sebanyak 1,6 juta orang sekarang 1,7 juta orang.

"Dari data jadi lebih dari 1,7 juta orang. Untuk TPS pun bertambah dibawah 100 se-kabupaten Cirebon mulai dari lima hingga sepuluh. Jumlah ini dirasionaliasasi supaya pas tidak mencapai 300/TPS," katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir mengatakan pihaknya masih keberatan menerima hasil pleno KPU Kabupaten Cirebon, karena masih terdapat data-data yang belum lengkap.

"Data tersebut tidak menampilkan semua jumlah desa by name by addressnya. Sehingga kami keberatan hasil pleno ini. Bawaslu akan terus mengawasi ini dan ikut KPU rapat ke provinsi," pungkasnya.

AYO BACA : Di Pemilu 2019, TPS di Kabupaten Cirebon Bertambah Dua Kali Lipat

Editor : Dadi Haryadi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600