Disnakertrans Kabupaten Cirebon Kaji Tuntutan Pekerja Terkait Upah Minimun Sektoral
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Nov 15, 2018 | 17:37 WIB
Disnakertrans Kabupaten Cirebon Kaji Tuntutan Pekerja Terkait Upah Minimun Sektoral
Kasi Hubungan Industrial Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Dadan Subandi. (Faqih Rohman/ayocirebon)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM--Disnakertrans Kabupaten Cirebon akan mengkaji kembali tuntutan para pekerja yang tergabung dalan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cirebon terkait upah minimum sektoral. 

Kasi Hubungan Industrial Disnakertrans Kabupaten Cirebon, Dadan Subandi mengatakan pihaknya akan memfasilitasi tuntutan para pekerja tentang usulan penetapan upah minimum sektoral. Usulan tersebut akan dikaji terlebih dahulu.

Sambungnya, penetapan upah sektoral dibatasi waktunya hingga Februari 2019 nanti. Sehingga baru bisa ditetapkan setelah keluarnya upah minimum kabupaten (UMK) pada 21 November 2018.

"Kami akan kaji apa-apa saja yang menjadi parameternya," katanya kepada awak media, Kamis (15/11/2018).

Dia menerangkan para pekerja menuntut kenaikan UMK diangka 25 - 30%, angka tersebut berdasarkan hitungan KHL yang dilakukan para pekerja. Sedangkan dewan pengupahan Kabupaten Cirebon telah menetapkan besaran UMK naik 8,03% atau sebesar Rp150 ribu. 

"Kami telah mengirimkan ke provinsi dan akan ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat," sebutnya.

Dia mengatakan pada rapat dewan pengupahan beberapa waktu lalu, dihadiri oleh berbagai pihak mulai dari pengusaha, buruh dan lainnya. Namun pada lembar kesepakatan yang menandatangi dari pihak pemerintah dan pengusaha, sedangkan pihak buruh belum.

Dadan menambahkan sejak ditetapkan PP 78 Tahun 2015 untuk penetapan UMK berdasarkan inflasi dan PDRB. Sedangkan untuk KHL akan dikaji setelah lima tahun. 

"Sesuai dengan tadi acuannya masih inflasi dan PDRB sehingga naiknya Rp150 ribu menjadi Rp2.024.000," pungkasnya.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600