Hadapi Pemilu 2019, Polres Cirebon Kota Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019.
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Dec 07, 2018 | 13:20 WIB
Hadapi Pemilu 2019, Polres Cirebon Kota Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019.
[REDAKSI] (cirebon) Hadapi Pemilu 2019, Polres Cirebon Kota Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019. (ayocirebon.com/Faqih)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Polres Cirebon Kota menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Depan Balaikota Cirebon, Jumat (7/12/2018). Sebanyak 1.000 personil gabungan ikut dilibatkan dalam simulasi tersebut.

Terdapat lima skenario dalam simulasi tersebut, diawali dari pencurian kotak suara yang dilakukan oleh sekelompok orang bersenjata, yang kemudian dilumpuhkan oleh pasukan khusus dari Polres Cirebon Kota.

Berlanjut pada masa kampanye, kemudian terjadi kerusuhan di TPS dan Kantor KPU. Lalu unjuk rasa massa terkait hasil rekapitulasi dan penjarahan, petugas gabungan dengan sigap menghadang massa yang akan merangsek kantor KPU.

Gerombolan massa dapat dibubarkan setelah diberikan tembakan water canon dan peluru karet oleh petugas. Skenario terakhir yakni penemuan benda mencurigakan diduga bom yang dijinakan oleh Tim Jihandak Polda Jabar.

Pj Wali Kota Cirebon, Dedi Taufik mengapresiasi upaya simulasi pengamanan Pemilu 2019 oleh Polri dan TNI dilakukan lebih awal. Simulasi ini bertujuan untuk mengamankan Pemilu 2019 agar bisa berjalan aman dan lancar serta kondusif. 

"Saya pikir hasilnya sudah baik untuk berikan pelayanan kepada masyarakat. Ini perlu pengamanan yang betul-betul dan sistemik, sehingga yang digagas Polres Cirebon Kota saya apresiasi," ujarnya, Jumat (7/12/2018).

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy mengatakan simulasi ditujukan untuk para petugas agar lebih siap pada pengamanan pesta demokrasi. Sekitar 1.000 personil gabungan yang terdiri atas 800 anggota Polres Cirebon Kota dibantu lainnya ikut dilibatkan dalam simulasi ini. 

Lebih lanjut, disebutkan nantinya setiap anggota sudah siap sesuai peran dan tugasnya masing-masing. Sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan atau gangguan bisa mengatasinya dengan baik. 

"Pelaksanaan simulasi ini sekaligus memberikan perhatian kepada masyarakat bahwa kami Polres Cirebom Kota berikut dengan instansi terkait dan TNI siap amankan Pemilu 2019," katanya. 

Dia menjelaskan terkait tingkat kerawanan menjelang Pemilu 2019, hingga kini secara garis besar Kota Cirebon masih dalam keadaan aman dan kondusif.

Editor : Rizma Riyandi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600