Bawaslu Tertibkan APK Dan APS Dapil Satu Kota Cirebon
Oleh Faqih Rohman Syafei, pada Dec 07, 2018 | 18:55 WIB
Bawaslu Tertibkan APK Dan APS Dapil Satu Kota Cirebon
Penertibnan APK dan APS Dapil 1 Kota Cirebon. (Faqih R Syafei/ayocirebon).

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM--Sejumlah alat peraga kampanye (APK) dan alat peraga sosialisasi (APS) Pemilu 2019 di beberapa titik di Kota Cirebon, ditertibkan Bawaslu Kota Cirebon, Jumat (7/12/2018).

Dalam penertiban ini, Bawaslu Kota Cirebon menggandeng Satpol PP, Organda, Linmas, dan Kepolisian. Direncanakan akan berlangsung hingga tiga hari kedepan.

"Hari ini di Dapil satu, besok di Dapil dua, dam hari ketiga akan dilakukan di Dapil tiga Kota Cirebon," ujar Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Mohamad Joharudin, Jumat (7/12/2018).

Joharudin ,menjelaskan selama dua minggu Bawaslu Kota Cirebon bersama dengan Panwascam dan Panwas Keluraha telah melakukan pengawasan di lapangan. Hasilnya, masih terdapat sejumlah APK dan APS dipasang di tempat-tempat yang dilarang. 

Menurutnya, di hampir seluruh jalan di Kota Cirebon boleh dipasang APK dan APS asalkan sesuai aturan. Sedangkan tempat yang dilarang untuk dipasang yakni tempat ibadah dan halamannya, sarana pendidikan dan fasilitas pemerintah.

"Panwascam berikan rekomendasi terkait APK yang dipasang ditempat dilarang pohon, tiang dan sebagianya," katanya.

Diterangkan, sebelum melakukan penertiban, pihaknya telah berkirim surat dengan pihak terkait diantaranya Caleg dan partai politik untuk segera menertibkannya. 

"Sebelum lakukan penindakan ini,  sudah mengirim surat ke pihak terkait agar ditertibkan," jelasnya. 

Terkait aturan pemasangan sticker di angkutan umum, Joharudin menegaskan hal itu diatur dalam PKPU No. 23 Tahun 2018 yang menyatakan ada kampanye dalam bentuk lain diantaranya pemasangan sticker. 

"Salah satunya pemasangan sticker di mobil, tetapi yang diperbolehkan seperti diatur Pasal 51 ayat 2 di mobil pribadi atau pengurus partai politik dan tidak bolej ada no urut, hanya boleh logo," pungkasnya.

Editor : Andri Ridwan Fauzi
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600